Pengertian Ihrom Dan Tahallul

Pengertian Ihrom
Ihrom (إحرام) adalah keadaan seseorang yang telah beniat untuk melaksanakan ibadah haji dan atau umroh. Mereka yang melakukan ihrom disebut dengan istilah tunggal "muhrim" dan jamak "muhrimun". Calon jamaah haji dan umroh harus melaksanakannya sebelum di miqat dan diakhiri dengan tahallul.


Pakaian IhromPakaian ihrom bagi laki-laki adalah 2 lembar kain yang tidak berjahit yang dipakai untuk bagian bawah menutup aurat, dan kain satunya lagi diselendangkan. Sedangkan pakaian wanita ihrom adalah menutup semua badannya kecuali muka dan telapak tangan (seperti pakaian ketika sholat). Warna pakaian ihrom disunatkan putih.

Pantangan Ihrom
Ketika ihrom diharamkan baginya melakukan perbuatan tertentu seperti memakai pakaian berjahit, menutup kepala (bagi lelaki) dan muka (bagi perempuan), bersetubuh, menikah, melontarkan ucapan kotor, membunuh binatang dan tumbuhan, memotong rambut/ kuku, dan lain-lain.

Pengertian Tahallul
Tahallul secara harfiah artinya dihalalkan, dalam haji dan umroh maksudnya adalah diperbolehkannya jamaah haji dan umroh dari larangan/ pantangan ihrom.
Tahallul disimbolkan dengan mencukur minimal 3 helai rambut.

Sumber: id.wikipedia.org

Share this

Related Posts

First